PEMANFAATAN FACEBOOK MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN UMKM TEMBILAHAN

Dwi Yuli Prasetyo, Fitri Yunita, Abdul Muni

  • Dwi Yuli Prasetyo Universitas Islam Indragiri
  • Fitri Yunita Universitas Islam Indragiri
  • Abdul Muni Universitas Islam Indragiri
Keywords: Tembilahan, Communication Strategy, Online Marketing, Facebook Marketing

Abstract

At present, the marketing and sales of UMKM products in Tembilahan are still done by manually or through broadcast messages and waiting for visitors to come to the store. This method is not optimal in delivering information because the promotion does not reach people who are far from the location of the store. Today's social media is a very popular tool and is in demand by UMKM players, one of which is Facebook in which there is a marketplace feature that can reach promotions and sales that do not know space and time. This study aims to find out and analyze the Facebook marketing communication strategy used by Gadisty Screen Printing Tembilahan includes planning and the results of its implementation in increasing sales in each branch. The method used is observation, in-depth interviews and documentation. Research was carried out in Tembilahan, data was analyzed using Miles and Huberman models. The results showed Facebook accommodated the components that existed in marketing communication strategies such as providing consumer data to validate segmentation, targeting, and positioning as well as research material in determining the production of Facebook marketing content. Marketing strategies are executed on Facebook FanPage, Personal and Group accounts. The three main components of Facebook marketing running marketing mixes such as advertising, sales promotions, private sales, direct marketing, public relations and publicity. Popular marketing content on Facebook is the characteristics of Cover / Soft Selling and Video..

 

 

Saat ini pemasaran dan penjualan hasil produk UMKM di tembilahan masih dilakukan dengan cara manual atau melalui broadcast pesan dan menunggu pengunjung datang ke toko. Metode ini belum optimal dalam penyampaian informasi karena promosi yang dilakukan tidak menjangkau masyarakat yang berada jauh dari lokasi toko. Media sosial saat ini menjadi alat yang sangat populer dan diminati oleh pelaku UMKM salah satunya adalah facebook yang di dalamnya terdapat fitur marketplace yang dapat menjangkau promosi dan penjualan yang tidak mengenal ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran facebook yang digunakan oleh Gadisty Sablon Tembilahan meliputi perencanaan dan hasil pelaksanaannya dalam meningkatkan penjualan di setiap cabang. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di tembilahan, Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan facebook mengakomodasi komponen yang ada pada strategi komunikasi pemasaran seperti menyediakan data-data konsumen untuk memvalidasi segmentasi, targeting, dan positioning sekaligus menjadi bahan riset dalam menentukan produksi konten facebook marketing. Strategi marketing di eksekusi pada akun facebook fanpage, personal dan grup. Tiga komponen utama facebook marketing tersebut menjalankan bauran pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan, penjualan secara pribadi, pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publisitas. Konten marketing populer pada facebook ialah dengan ciri cover/soft selling dan video.

Published
2021-08-30
How to Cite
Prasetyo, D. Y., Yunita, F., & Muni, A. (2021, August 30). PEMANFAATAN FACEBOOK MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN UMKM TEMBILAHAN. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 7(2), 103-111. https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v7i2.204