MENINGKATKAN KETUNTASAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DI SMA MUHAMMADIYAH TEMBILAHAN

  • administrator admin
  • Devi Suryani
Keywords: ketuntasan pembelajaran, matematika, Model kooperatif dengan pendekatan reciprocal teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan reciprocal teaching di SMA Muhammadiyah Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan tes. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X sebanyak 26 siswa dan tempat penelitian di SMA Muhammadiyah Tembilahan. Fokus penelitian adalah proses pembelajaran matematika dan meningkatkan ketuntasan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Kooperatif dengan pendekatan Reciprocal Teaching . Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam tiga kali tatap muka. Penelitian diharapkan bermanfaat bagi penulis, siswa, sekolah, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan pembelajaran matematika dapat meningkat melalui model pembelajaran Kooperatif dengan pendekatan Reciprocal Teaching di SMA Muhammadiyah Tembilahan. Pada awalnya daya serap pada pratindakan adalah 44,19 ( sangat kurang baik ).  Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 16,62 dengan ketuntasan pembelajaran 65,63% pada siklus 1 menjadi 81,25% pada siklus 2 yang artinya ketuntasan belajar sudah diatas 80% dengan kriteria ketuntasan maksimum ( KKM ) 70.

Berdasarkan hasil pengamatan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tembilahan mengerti dengan model pembelajaran Kooperatif dengan pendekatan  Reciprocal Teaching  dan mereka dapat bekerjasama dan lebih aktif dalam bertanya jawab sesama mereka. Sehingga membuat siswa lebih aktif di dalam proses belajar mengajar.

Published
2017-11-11
How to Cite
admin, administrator, & Suryani, D. (2017, November 11). MENINGKATKAN KETUNTASAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DI SMA MUHAMMADIYAH TEMBILAHAN. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v3i2.57

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>