PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA APLIKATIF PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA PADA MATERI MASALAH POKOK EKONOMI

  • administrator admin
  • Minarni 1
Keywords: Hasil Belajar, Kewirausahaan, Problem Based Learning

Abstract

Peserta didik dalam menempuh pendidikan diharapkan mampu memiliki bekal untuk bersaing di dunia nyata. Ketika lapangan pekerjaan tidak lagi tersedia, kemampuan melanjutkan ke perguruan tinggi tidak ada. Kewirausahaan dengan memanfaatkan peluang di lingkungan sekitar dapat dilakukan. salah satu pemanfaatan yang belum optimal adalah pertanian.

Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan lebih tinggi diperoleh dengan metode ceramah dan tanya jawab pada kelas X1 yakni 63% dengan rata-rata nilai 69,38; sedangkan penerapan model pembelajaran PBL dengan media aplikatif pertanian di kelas X2 hanya 53%  dengan rata-rata nilai 61,76.

Penerapan model pembelajaran PBL dengan media aplikatif pertanian untuk kompetensi kewirausahaan pada kelas X2 menunjukkan nilai modus 3 sedangkan penerapan ceramah dan tanya jawab di kelas X2 menunjukkan modus 2.

Published
2017-11-11
How to Cite
admin, administrator, & 1M. (2017, November 11). PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA APLIKATIF PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA PADA MATERI MASALAH POKOK EKONOMI. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v3i2.61

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>